Selasa, 09 April 2013
Luas wilayah Indonesia mencapai 1.904.569 km2 dan estimasi jumlah penduduk dengan lebih dari 237.424.363 orang pada tahun 2011, dan merupakan negara keempat di dunia yang paling padat penduduknya serta negara terpadat di Asia Tenggara. Apabila grafik tersebut ditarik garis lurus maka populasi diperkirakan akan tumbuh menjadi sekitar 265 juta pada tahun 2020 dan 306 juta pada tahun 2050. Pulau Jawa adalah pulau terpadat di dunia, dengan kepadatan penduduk 940 orang per kilometer persegi.

suku suku di indonesia
Beragam suku-suku bangsa di Indonesia. Jawa, Sunda, Dayak, Melayu, Madura, Asmat, Dani, Banjar, dll.

Ada sekitar 300 suku-suku asli di Indonesia, dan 742 bahasa. 10% bahasa di dunia berada di Indonesia. Suku Jawa adalah yang terbesar dengan 42% dari populasi, selanjutnya diikuti oleh Sunda, Melayu, dan Madura. Mayoritas penduduk Indonesia adalah Islam dengan 86,1% dan selanjutnya Kristen, Katolik, Hindu, Budha, Konghucu. Indonesia terdiri dari beragam kelompok etnis, bahasa, dan agama. Mereka hidup rukun berdampingan dan sebagian besar hidup harmonis, meskipun ketegangan sosial, agama dan etnis telah memicu kekerasan mengerikan. Mari kita hidup rukun berdampingan dan saling menghormati, jadikan keragaman dan perbedaan menjadi kekayaan bagi Indonesia yang tidak dimiliki bangsa lain.
Walaupun populasi yang besar dan wilayah yang padat penduduknya, Indonesia memiliki luas wilayah padang gurun tingkat kedua di dunia serta memiliki keanekaragaman hayati. Indonesia memiliki urutan kedua bidang keanekaragaman hayati setelah Brasil.

Indonesia memiliki 1.531 jenis spesies burung dan 515 jenis mamalia endemik atau yang hanya hidup di wilayah tersebut.

Indonesia adalah salah satu negara Coral Triangle dengan keragaman terumbu karang terbesar di dunia dan memiliki jenis ikan lebih dari 1.650 spesies di kawasan timur Indonesia. Terumbu karang merupakan kekayaan hayati yang harus kita jaga kelestariannya. Terumbu karang memiliki fungsi penting bagi ekosistem kehidupan makhluk hidup laut. Selain itu, apabila dikelola dengan baik terumbu karang dapat menghasilkan devisa negara dari sektor pariwisata air maupun hasil penangkarannya. Namun, banyak warga masyarakat belum menyadari arti penting kelestarian terumbu karang, terutama masyarakal pesisir. Bahkan, sebagian warga masyarakat tidak mengerti penyusun dasar dari terumbu karang. Masyarakat mengira terumbu karang hanyalah sebuah batu, bukan makhluk hidup. Ketidaktahuan masyarakat akan arti penting terumbu karang merupakan salah satu penyebab kurang pedulinya masyarakat terhadap kelestarian terumbu karang. Saat ini kondisi terumbu karang di wilayah Indonesia mengalami penurunan kualitas sehingga cukup mengkhawatirkan. Kondisi ini akan terus memburuk apabila tidak didukung peran aktif masyarakat untuk memelihara kelestarian terumbu karang. Jangan biarkan generasi yang akan datang hanya dapat mendengar dan melihat foto keindahan terumbu karang Indonesia di masa lalu.

terumbu karang indonesia
Keindahan Terumbu Karang Perairan Indonesia

Negara Indonesia juga memiliki sumber daya alam yang melimpah, termasuk minyak mentah, gas alam, timah, tembaga, dan emas. Sehingga sejak dulu Indonesia selalu menjadi incaran negara-negara lain karena kekayaannya.
Berbicara tentang Negara Indonesia, Indonesia adalah negara yang paling terpukul oleh krisis keuangan Asia 1997-1998 terhadap dolar AS. Mata uang rupiah jatuh dari Rp2.600 ke titik rendah Rp14.000, dan ekonomi menyusut sebesar 13,7%. Saat ini rupiah stabil di Rp8.000-Rp10.000. Pemulihan ekonomi yang lambat tapi signifikan terjadi. Namun, ketidakstabilan politik, reformasi ekonomi yang lambat, dan KORUPSI memperlambat pemulihan.

Indonesia terdiri dari 33 provinsi. Untuk informasi singkat mengenai tanggal berdiri, dasar hukum, ibu kota provinsi, luas wilayah provinsi serta hal unik dan khas dari provinsi-provinsi di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar